Fanolo:Cara menulis atau menyunting entri

Sebelum Anda mulai memasukkan entri baru atau menyunting entri yang sudah ada, pastikan Anda telah log in.


Baik bila melihat-lihat dulu bagaimana gaya penulisan entri yang sudah ada (klik di Gofu nga'örö di menu sebelah kiri untuk melihat sembarang isi kamus), misalnya di mana diletakkan definisi, terjemahan (Eluaha ba li bö'ö), kata turunan (Fehede si fakhai), dst. sehingga Anda familiar dengan gaya penulisan ini.

Membuat entri baruSunting

  1. Untuk membuat entri baru pergi ke Olayama dan ketik kata yang mau di masukkan di kotak isian Li Niha (Sura entri si bohou ba Li Niha)
  2. Sesampai di dalam jendela editor, pastikan bahwa Anda berada di modus Fazökhi (atau bila Anda mengedit Bulö'ö) dan bukan "Fazökhi (faoma kode)". Fazökhi (faoma kode) atau sunting sumber adalah bagi orang yang menguasai cara menulis wiki, yang tidak segampang cara penyuntingan biasa.
  3. Bila Anda telah menyiapkan entri tsb. dari dokumen MS Word silakan copy entri dari MS Word lalu paste ke dalam editor.
  4. Pastikan baris pertama adalah Li Niha (bila entri tsb. kata Nias), Li Indonesia (kalau entri tsb. kata Indonesia) atau Li Inggris (kalau entri tsb. kata Inggris) dan merupakan Judul tingkat 1.
  5. Sesudah judul Li Niha, pastikan nama entri ditulis dalam huruf tebal.
  6. Pastikan baris definisi kata pakai stil Daftar bernomor
  7. Contoh kalimat harus diletakkan pada baris berikutnya.
  8. Contoh kalimat pakai stil Daftar berpoin dan Tambahkan inden sekali.
  9. Contoh kalimat selalu ditulis dalam huruf miring.
  10. Pastikan apa kategori kelas kata tsb.: nomina, verba, adjektiva, partikel, numeralia (mengikuti istilah baku KBBI)
  11. Pastikan menetapkan kategori (Category) berikut: Klik di Opsi halaman (gambar dengan tiga garis sejajar) dan pilih Kategori. Anda akan melihat daftar kategori yang sudah ada. Pilih kategori yang sudah sesuai dengan kelas kata. Misalnya kata tsb. adalah kata kerja maka pilih Verba. Kata benda: Nomina, dst. Untuk kelas kata tak perlu membuat yang baru, tinggal pilih yang sudah ada (sudah komplet).
  12. Cek sekali, pastikan tak ada salah ketik atau salah format.
  13. Klik Terbitkan halaman di sudut kanan atas menu.
  14. Di jendela berikut tulis ringkasan apa yang telah Anda buat. Kalau hanya memasukkan entri baru, tulis nama entri tsb. Kalau misalnya menambah terjemahan tulis tambah terjemahan. Kalau mis. koreksi salah ketik, tulis koreksi salah ketik.
  15. Klik di Terbitkan halaman. Selesai.

Menyunting entri yang sudah adaSunting

  1. Pergi ke Olayama dan ketik kata yang mau disunting di kotak isian (Sura entri si bohou ba Li Niha).
  2. Sesampai di dalam jendela editor, pastikan bahwa Anda berada di modus Bulö'ö atau Sunting dan bukan "Sunting sumber". Sunting sumber adalah bagi orang yang menguasai cara menulis wiki, yang tidak segampang cara penyuntingan biasa.
  3. Buat perubahan yang Anda kehendaki.
  4. Klik Terbitkan perubahan.
  5. Di jendela berikut tulis ringkasan apa yang telah Anda buat. Kalau hanya memasukkan entri baru, tulis nama entri tsb. Kalau misalnya menambah terjemahan tulis tambah terjemahan. Kalau mis. koreksi salah ketik, tulis koreksi salah ketik.
  6. Klik di Terbitkan perubahan. Selesai.